Sabtu, 27 Mei 2017

Kebun Raya Cibodas Tujuan Wisata Alam di Puncak

Cibodas adalah tujuan wisata alam yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, khususnya yang terletak di wilayah administrasi desa Cimacan Cipanas Puncak Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Karena lokasinya dekat dengan wilayah Puncak, sering kali sebagian wisatawan memanggil Cibodas Puncak. Meskipun tata letak zonasi, Puncak adalah wilayah administrasi desa Ciloto
Taman Sakura di Cibodas Puncak
Cibodas adalah tujuan wisata alam yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, khususnya yang terletak di wilayah administrasi desa Cimacan Cipanas Puncak Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Karena lokasinya dekat dengan wilayah Puncak, sering kali sebagian wisatawan memanggil Cibodas Puncak. Meskipun tata letak zonasi, Puncak adalah wilayah administrasi desa Ciloto.

Sebagai daerah yang menjadi perbatasan dengan Kabupaten Bogor, beberapa orang sering menyebutnya Cibodas Bogor, yang berarti Cibodas masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor, yang merupakan kasus yang sudah biasa. Cibodas berasal dari bahasa Sunda. Ini terdiri dari dua suku kata, yang berarti bahwa cai (air) dan bodas yang berarti putih. Jika dikombinasikan dengan air putih dalam arti air bersih atau bersih. Cibodas dapat didefinisikan sebagai tempat yang memiliki sumber air jernih dan bersih. Itu pada tua-tua masyarakat disebut daerah ini yang terpasang.

Hal ini sangat alami bahwa ketika seseorang memiliki sumber air yang jelas dari mana. Hal ini dikarenakan Cibodas berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Gunung ini adalah kawasan Taman Nasional yang dilindungi oleh pemerintah hingga kealamian terjaga. Hutan di taman nasional masih sangat alami, yang merupakan bagian dari kekayaan hutan hujan. Banyak pohon tumbuh puluhan hingga ratusan tahun. Inilah yang menyebabkan kondisi air di Cibodas puncak sangat jelas dan bersih. Karena keadaan mata air hutan yang masih terjaga telah menjadi sangat berlimpah.

Sebagai daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, terutama keadaan alam tak tersentuh, ada sejumlah tempat wisata yang bisa dikunjungi. Sejumlah objek wisata di bentuk yang  terdiri dari kebun raya, camping, hiking, air terjun, sungai, lapangan golf, dan toko-toko suvenir.

Di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tempat wisata ini adalah tempat untuk mempelajari berbagai jenis tanaman, terutama tanaman dan tanaman langka eksitu atau tanaman yang hidup di luar habitat alami mereka. Beberapa dari mereka adalah bunga sakura, tanaman khas dari negara Jepang, bunga bangkai, berbagai jenis Semar jenis tas anggrek, sampai sejumlah tanaman obat.

Meskipun sebagai tempat penelitian, direktur Kebun Raya Cibodas mempesilahkan masyarakat dan wisatawan untuk mengunjungi untuk menikmati suasana kebun raya.

Untuk kenyamanan, direktur kebun raya menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung bagi pengunjung seperti mesin teller, pusat informasi, pos keamanan, toilet di beberapa titik, gazebo, tempat parkir mobil, arena keluar , kendaraan warawiri, dan makanan warung.

Di Kebun Raya Cibodas dimanjakan Anda dengan rumput yang luas sering digunakan sebagai tempat berkumpul dan pengunjung ke situs hiburan. Ada juga dua air terjun yang Ciismun dan Cibogo, danau, sungai, rumah taman lumut, Sakura taman, rumah kaca, dan Tamu.

0 komentar:

Posting Komentar